Selasa, 05 Juli 2016

PENGUKURAN TANAH DENGAN ISTILAH SATUAN BATA

PENGUKURAN TANAH
DENGAN ISTILAH SATUAN BATA
Risya Nurhadian Widardin-152151192

M
atematika  merupakan salah satu ilmu yang banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik secara umum maupun secara khusus. Secara umum matematika dapat digunakan dalam transaksi jual beli  pada pengukuran sebidang tanah dengan berbagai bentuk lahan seperti berbentuk trapesium,  persegi, persegi panjang, segitiga, dan berbagai segi lainnya. Tentu saja pengukuran luas tersebut menggunakan rumus-rumus bangun datar. Selain itu pengaplikasian matematika terdapat pada perhitungan luas tanah, konversi dari bata ke m2.  Besaran meter secara umum dipakai untuk mengukur jarak sedangkan bata dipakai untuk mengukur luas, misalnya  dalam  jual beli di daerah Sunda, khususnya masyarakat Tasikmalaya dalam jual beli tanah menggunakan istilah ukuran satuan bata, bukan satuan nasional  m2.
Dalam fakta  transaksi jual beli sebidang tanah, kebanyakan orang tidak mengetahui secara pasti hubungan bata dengan m2., maka dalam pengukurannya masyarakat mempercayakan kepada pengukur tanah yang ukurannya sudah dipercaya secara turun temurun. Sehingga terjadi suatu kesepakatan yang disepakati oleh kedua belah pihak berdasarkan kesepakatan bersama  dan diakui keabsahannya oleh masyarakat Sunda, hal ini dilatar belakangi oleh pemahaman masyarakat Sunda yang kurang memahami pengukuran dalam istilah satuan bata.
Bata atau yang dikenal ubin dalam agraria adalah satuan luas lahan yang dipakai di Indonesia. Namun istilah daerah Sunda adalah bata/tumbak. Satuan bata ini banyak digunakan untuk areal pertanian (sawah/ladang), khususnya di pulau Jawa dan telah dipakai sejak zaman Hindia, Belanda. Ukuran satu bata berasal dari tumbak dengan ukuran satu tumbaknya ± 3,75 m, sehingga satu bata menyatakan luas sebesar 14 m2.
Orang zaman dahulu menggunakan tumbak mungkin karena dahulu belum ada ukuran pasti seperti dalam satuan meter, sehingga sekarang setelah ada satuan meter, tumbak yang digunakan dalam pengukuran tanah diukur dan didapat ukuran ± 3,75 m. Satuan ini dipakai untuk mengestimasi hasil atau produksi hasil tanaman pangan seperti padi. Hasil panen petak ini diukur terlebih dahulu sebelum dicampur dengan hasil panen lain.
Sebenarnya jika diperhitungkan benar-benar dengan memakai istilah bata terdapat selisih dalam penggunaannya. Perhatikan perhitungan berikut:
1 ha = 10.000 m2
1 ha = 700 bata =  9.800 m2 jika dikalikan 14.
Dapat dilihat dalam satuan bata jika dikonversikan dalam satuan m2 terdapat selisih 200 m2, selisih tersebut disebabkan oleh pembulatan dari 14,0625 m2 menjadi 14 m2. Banyak orang yang tidak tahu asal usul pembulatan tersebut. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengkaji fakta sebenarnya tentang ukuran bata tersebut.
Penulis melakukan survei terhadap 100 orang,  dengan pertanyaan:“Apakah Anda mengenal
istilah satuanbata ?” dan “Menurut Anda, 1 bata berapa m2?”.
Survey tersebut dilakukan terhadap beberapa kalangan, diantaranya bekerja sebagai karyawan/buruh, petani/buruh tani, PNS, wiraswasta, pedagang, pengangguran dan mahasiswa. Penulis melakukan survey terhadap berbagai profesi untuk mendapat sampel dari setiap profesi agar dapat dilihat dan  diklasifikasikan dari berbagai profesi.
Tabel hasil survey terhadap 100 orang mengenai pemahaman pengukuran tanahdengan istilah satuan bata.
No.
Pekerjaan
Ket. (%)
Usia(th)
Ket. (%)
Tahu
Tdk
Tahu
Tdk
1
Karyawan
2
17
13-21
1
21
2
Petani
/Buruh Tani
17
9
22-30
3
13
3
PNS
4
1
31-39
2
11
4
Wira
swasta
3
3
40-48
7
5
5
Pedagang
9
8
49-57
7
7
6
Pengangguran
0
5
58-66
7
3
7
Mahasiswa
1
21
67-75
5
3
8



76-84
2
0
9



85-93
2
1
Total
36
64

36
64


Dapat dilihat pada tabel bahwa petani dan guru lebih dominan mengetahui istilah satuan bata, karena petani lebih banyak memahami tentang konversi bata ke meter. Sedangkan guru berlatar belakang pendidikan akademik dan menjadi tuntutan juga karena guru dianggap lebih mengerti. Selain pekerjaan ternyata usia juga sangat mempengaruhi, dari usia 40 tahun  banyak yang mengetahui hubungan bata ke meter karena mereka sudah mulai berbisnis dan mulai memikirkan kekayaan karena sudah dirasa butuh.
Setelah itu penulis memaparkan mengenai pengukuran tanah dalam istilah satuan bata dan hubungannya terhadap m2. Kebanyakan masyarakat tidak mau tahu bagaimana  sejarah/asal usul istilah satuan bata, mereka hanya melanjutkan yang sudah ada sehingga membudaya dan sulit untuk mengubah budaya tersebut agar dalam transaksi beralih pada satuan m2.
Setelah melakukan survey dan memberitahu ukuran bata yang sesungguhnya, beberapa orang memberi saran agar pemerintah melakukan penyuluhan terhadap masyarakat daerah Sunda dan dapat beralih menggunakan satuan m2. Banyak kalangan yang tidak mengetahui hubungan bata dengan m2 dan konversi bata dengan m2, seperti kalangan mahasiswa, pedagang, karyawan.
Besaran meter sudah dinyatakan baku oleh Badan Pertanahan Nasional dan keabsahannya tidak diragukan lagi sehingga dipakai dalam satuan ukuran bentuk-bentuk surat berbadan hukum misalnya sertifikat yang diakui secara nasional maupun internasional. Sedangkan dalam ukuran bata tidak dibakukan dan tidak dipakai dalam surat-surat berharga misalnya sertifikat.
Penulis melakukan observasi ke Badan Pertanahan Nasional, penulis mendapat informasi bahwa BPN  mempersilahkan masyarakat untuk transaksi jual beli dengan memakai istilah satuan bata selagi ada kesepakatan dari penjual dan pembeli. Selain itu untuk menghilangkan kesan kerugian atas sebagian kecil pembulatan Badan Pertanahan Nasional menganjurkan memakai satuan baku m2sehingga keakuratan data dapat terpenuhi.
Terdapat hubungan pengetahuan bata dengan matematika yaitu pada pengkonversian dari bata ke m2. Selain itu pada perhitungan luas tanah yang menggunakan rumus-rumus bangun datar.
Penulis menyimpulkan transaksi jual beli sebidang tanah yang beredar di masyarakat mengacu pada daerah setempat yaitu daerah Sunda biasanya memakai istilah satuanbata. Sulit mengubah kebiasaan yang sudah membudaya.  Namun bagaimana pun kondisinya, ini menunjukkan bahwa matematika adalah bagian dari kehidupan masyarakat.

Penulis menyarankan dan sesuai dengan anjuran Badan Pertanahan Nasional untuk transaksi jual beli sebidang tanah dianjurkan memakai m2 sehingga keakuratan data bisa terpenuhi.
Penulis berharap agar Badan Pertanahan Nasional dapat  menggiatkan penyuluhan akan istilah satuan bata yang sesungguhnya. Selain itu juga dapat dilakukan di sekolah dengan mengajarkan kepada generasi penerus agar kebiasaan turun temurun jual beli dalam istilah satuan bata dapat berangsur-angsur beralih ke pengukuran m2.
DAFTAR PUSTAKA
Wikipedia.       Pengukuran Ubin. [online].     Tersedia:https://id.m.wikipedia.org/wiki/Ubin_(luas). [16 Maret 2016]


 




141 komentar:

  1. Iya..sebagai orang sunda masa kini #hadeuh 😬😬, bingung kalo mau beli tanah pakai perhitungan bata, pengennya sudah hitungan baku m2, tapi orangtua jaman dulu ya suka tetap pengen pakai bata-bataan pengukurannya, mau ga mau ngikutin. Semoga kedepan pada mau beralih ke ukuran baku.

    BalasHapus
  2. Per bata itu berapa meter ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 bata kuadrat² = 14,192986300164 ㎡.
      Kalau 1 bata saja, tanpa kuadrat persegi panjangnya 3,767358 meter.

      Bata aslinya dari batang roede yg diserap ke dalam kata 'kerja rodi', batang rodi bahasa belandanya "Rijnlandse Roede" (sumber https://nl.m.wikipedia.org/wiki/Rijnlandse_roede)

      Hapus
    2. klo 104. bara. beeapa. meter yah

      Hapus
    3. Kalo gak salah 3,70 meter

      Hapus
    4. Kalo 2700 m2 brpa bta pak cara ngtung nya gmna

      Hapus
    5. Dari meter persegi itu..langsung aja di bagi 14

      Hapus
    6. Klw 24 bata berapa meter persegi pak

      Hapus
    7. 24 bata dikalikan dengan 14,0625 = 337,5 m²

      Hapus
  3. 7 bata berapa meter ya?

    Soalnya mau bangun rumah.
    Klo udah bangun rumah bisa buat berapa ruangan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 7 bata itu lebar 7 m pnjg 14 m

      Hapus
    2. Kalo lebar 7meter panjang 9,5 meter,brp bata tuh?

      Hapus
    3. Kalo lebar 7meter panjang 9,5 meter,brp bata tuh?

      Hapus
    4. @Gini, 7 bata² kuadrat = 3,5bata x 2bata bisa pak, 1 bata itu panjangnya sama dengan 3,767358 meter, jadi 7 bata² kalau dikonversi ke ㎡ jadinya 99,350904101148 ㎡.

      Bata aslinya dari batang roede yg diserap ke dalam kata 'kerja rodi', batang rodi bahasa belandanya "Rijnlandse Roede" (sumber https://nl.m.wikipedia.org/wiki/Rijnlandse_roede)

      Hapus
    5. Kalow 10 bata jdi berapa boss

      Hapus
  4. Sstu bata itu sebenarnya 14,0625 tapi dibukakan menjadi 14m
    Jadi satu hata itu 14m

    BalasHapus
  5. Masudnya dibulatkan menjadi 14m

    BalasHapus
  6. Mba Gini kalau 7 bata itu sebenarnya kalau dikonversikan dalan hitungan meter jumlah nya = 98,4375 tapi karena dibulatkan maka jumlah nya = 98m
    Kalau untuk bangun rumah itu tergantung bentuk bidang tanahnya

    BalasHapus
  7. Kalau ,luas lahan pertanian 325 bata artinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @unknown 21 Februari 2019 00.50>
      325 bata² kuadrat = 25bata x 13bata bisa, 1 bata itu panjangnya sama dengan 3,767358 meter, jadi 325 bata² kalau dikonversi ke ㎡ jadinya 4612,7205475533 ㎡.

      Bata aslinya dari batang roede yg diserap ke dalam kata 'kerja rodi', batang rodi bahasa belandanya "Rijnlandse Roede" (sumber https://nl.m.wikipedia.org/wiki/Rijnlandse_roede)

      Hapus
    2. Klw 9bata berapa meter ya kak🙏🙏🙏

      Hapus
    3. Kalau 380 bata brapa meter dan kalo di m² itu brpa ya pak .. mohon bantuannya

      Hapus
  8. 3 bata berapa meter ya bang soalnya mau beli tanah ribet pake hitungan bata

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3 bata = 42.1875 m2, kalu d bulatkan menjadi 42 m2.

      Hapus
    2. Kalau tanah tanpa sertifikat berapa ya harga jualnya permeter klau dikampung

      Hapus
    3. @unknown 1 Maret 2019 04.06>
      3 bata² kuadrat = 2bata x 1,5bata bisa, 1 bata itu panjangnya sama dengan 3,767358 meter, jadi 3 bata² kalau dikonversi ke ㎡ jadinya 42,578958900492 ㎡.

      Bata aslinya dari batang roede yg diserap ke dalam kata 'kerja rodi', batang rodi bahasa belandanya "Rijnlandse Roede" (sumber https://nl.m.wikipedia.org/wiki/Rijnlandse_roede)

      Hapus
    4. @unknown 30 agustus 2019 08.04>
      19 bata² kuadrat = 4bata x 4,75bata bisa, 1 bata itu panjangnya sama dengan 3,767358 meter, jadi 19 bata² kalau dikonversi ke ㎡ jadinya 269,666739703116 ㎡.

      Bata aslinya dari batang roede yg diserap ke dalam kata 'kerja rodi', batang rodi bahasa belandanya "Rijnlandse Roede" (sumber https://nl.m.wikipedia.org/wiki/Rijnlandse_roede)

      Hapus
    5. Kalo panjang 20 m dan lebar 9 m itu berapa bata ya bos ?
      P = 20
      L = 9

      Hapus
  9. Mau tanya, kalau 2210 m² berapa bata ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @unknown 9 maret 2019 05.22>

      2210㎡ = 40meter x 55,25meter misal, 1 bata itu panjangnya sama dengan 3,767358 meter, jadi 2210 ㎡ kalau dikonversi ke bata² jadinya 155,71071184465692348744 bata² kuadrat.

      Bata aslinya dari batang roede yg diserap ke dalam kata 'kerja rodi', batang rodi bahasa belandanya "Rijnlandse Roede" (sumber https://nl.m.wikipedia.org/wiki/Rijnlandse_roede)

      Hapus
  10. Klo 492m2 brp ubin yah mhon balasannya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. @unknown 16 maret 2019 22.08>
      492㎡ = 24meter x 20,5meter misal, 1 ubin itu panjangnya sama dengan 3,767358 meter, jadi 492 ㎡ kalau dikonversi ke ubin² jadinya 34,66500915274715219720528 ubin² kuadrat.

      Ubin aslinya dari batang roede yg diserap ke dalam kata 'kerja rodi', batang rodi bahasa belandanya "Rijnlandse Roede" (sumber https://nl.m.wikipedia.org/wiki/Rijnlandse_roede)

      Hapus
    2. Maaf pak mau tanya kalau luas tanah nya 7,5 Bata berapa meter ya pak makasih Pak

      Hapus
  11. Klo 492m2 brp ubin yah mhon balasannya??

    BalasHapus
  12. Balasan
    1. Kalau meter saja tanpa kuadrat, 100 meter = 26,5438007218852044 bata, batanya sebagai satuan panjang. Tapi kalau ㎡, jadinya 100㎡ = 10meter x 10meter misal, 1 bata itu panjangnya sama dengan 3,767358 meter, jadi 100 ㎡ kalau dikonversi ke bata² jadinya 7,045733567631534999 bata² kuadrat.

      Bata aslinya dari batang roede yg diserap ke dalam kata 'kerja rodi', batang rodi bahasa belandanya "Rijnlandse Roede" (sumber https://nl.m.wikipedia.org/wiki/Rijnlandse_roede)

      Hapus
  13. maaf mau nanya kalo tanah 12 bata.lebarnya 7 meter kira kira
    panjangnya berapa meter ya

    BalasHapus
  14. Kalau 5 bata itu berarti sama dengan 70m ya pa,

    BalasHapus
  15. Kalau luas tanah segi tiga dngn luas 7m,9m,10m berapa bata jadinya ya?

    BalasHapus
  16. Kalo 99m pesegi setara dg brp bata ya pak ??

    BalasHapus
  17. Bang saya punya tanah 7.88 bata kalo di konversi ke meter jadi lebar berapa? Panjang nya berapa?

    BalasHapus
  18. Low bikin rumah di tanh 20 bata jd berpa meter ya

    BalasHapus
  19. Low bikin rumah di tanh 20 bata jd berpa meter ya

    BalasHapus
  20. Tanah 23 bata jdi rumah ukuran brp ya.. Posisi lahan segi panjang

    BalasHapus
  21. Tanah 23 bata jdi rumah ukuran brp ya.. Posisi lahan segi panjang

    BalasHapus
  22. Kalo 10 bata jadi berapa meter?

    BalasHapus
  23. 3 bta berapa meter persgi?
    Boz

    BalasHapus
  24. Kalau 18 Bata ini perkiraan berapa kali berapa? Masih bingung cara penghitungannya? Dan apa Hitungannya sudah Presisi dengan yang ditetapkan Pemerintah Daerah?

    BalasHapus
  25. bang kalau tanah 8,5 bata itu berapa meter???

    BalasHapus
  26. Di jawa sebutannya ubin/ru, di sunda sebutannya bata, di tasikmalaya sebutannya tumbak, aslinya itu satuan dari belanda, rijnlandse roede, mungkin kata kerja rodi itu serapan dari roede itu, 1 RODInya belanda, kalau dikonversi ke meter jadinya 3,767358 meter, tapi di belanda sendiri juga sudah beralih ke satuan meter juga, dibanyak pulau juga masih ada jejak2 satuan ukuran peninggalan belanda, yaitu 1 paal/pathok/pancang yaitu 400 roede/ru/bata/tumbak/ubin, kata-kata Paal masih bisa dijumpai dalam beberapa tempat di palembang, pontianak, minahasa, manado, jalur pantura, jalan dekat rumah saya yaitu jalan solo purwodadi ada paal 10, manado ada nama kecamatan paal 2, pontianak ada nama jalan paal. Berikut laman wikipedia yang menerangken tentang bata/ubin/tumbak/rudi/roede yang membuat banyak eror ketika dihitung dengan satuan meter.

    https://nl.m.wikipedia.org/wiki/Rijnlandse_roede

    BalasHapus
  27. Kalau 10.bata luasnya berapa x berapa? Mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2bata x 5bata bisa pak, 1 bata itu panjangnya sama dengan 3,767358 meter,

      bata aslinya dari batang roede yg diserap ke dalam kata 'kerja rodi', batang rodi bahasa belandanya "Rijnlandse Roede" (sumber https://nl.m.wikipedia.org/wiki/Rijnlandse_roede)

      Hapus
    2. Pak mau tanya kalau 246m persegi itu berapa bata..?

      Hapus
  28. Balasan
    1. 150 bata² = 10bata x 15bata bisa pak, 1 bata itu panjangnya sama dengan 3,767358 meter, jadi 150 bata² kalau dikonversi ke ㎡ jadinya 2128,9479450246 ㎡.

      Bata aslinya dari batang roede yg diserap ke dalam kata 'kerja rodi', batang rodi bahasa belandanya "Rijnlandse Roede" (sumber https://nl.m.wikipedia.org/wiki/Rijnlandse_roede)

      Hapus
  29. Kali panjang 8m d ambil setengan bata lebarnya berapa ya?
    Makasih

    BalasHapus
  30. 800 bata brph; M/sgi pa mohon bls san ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. 800 bata² = 25bata x 32bata bisa pak, 1 bata itu panjangnya sama dengan 3,767358 meter, jadi 800 bata² kalau dikonversi ke ㎡ jadinya 11354,3890401312 ㎡.

      Bata aslinya dari batang roede yg diserap ke dalam kata 'kerja rodi', batang rodi bahasa belandanya "Rijnlandse Roede" (sumber https://nl.m.wikipedia.org/wiki/Rijnlandse_roede)

      Hapus
    2. 480 meter persegi itu berapa bata?

      Hapus
  31. Balasan
    1. 9 bata² = 3bata x 3bata bisa pak, 1 bata itu panjangnya sama dengan 3,767358 meter, jadi 9 bata² kalau dikonversi ke ㎡ jadinya 127,736876701476 ㎡.

      Bata aslinya dari batang roede yg diserap ke dalam kata 'kerja rodi', batang rodi bahasa belandanya "Rijnlandse Roede" (sumber https://nl.m.wikipedia.org/wiki/Rijnlandse_roede)

      Hapus
  32. Luas lahan 325,5 m2. Panjang 23 m berapakah lebar lahna tersebut

    BalasHapus
  33. Mas mau tanya klo 13 bata kalo ke dalam meter persegi ??? Sekaligus jabarin cara ngitung nya .. Bingung bgt .. Plis ditunggu jwbnya

    BalasHapus
  34. Kalo 722m² itu brapa bat ya??

    BalasHapus
  35. Kalo 90 bata berapa meter ya pak

    BalasHapus
  36. Maaf suhu mau tanya kalo 522 M2 itu sekitar berapa bata ya...
    Terimakasih

    BalasHapus
  37. Kalau 14 bata itu berapa meter ya ?

    BalasHapus
  38. kalo 24 bata berapa meter yah? , urgent plis bantu jawab

    BalasHapus
  39. Klo hitungan 1 tumbak berapa bata ya...
    🙏🙏

    BalasHapus
  40. Klo 5 bata berapa meter yaa..

    BalasHapus
  41. aq mau bli tanah buat bikin rmh ada 10bata itu brp meter ya?gk faham yg 1bata brp meter?10bata jdi smua brp?mohon yg mau jwb prtanyaan sya.terimakakih

    BalasHapus
  42. Kalau 8 bata tu panjangnya brp x lebarnya brp? Makasih ats jwbnya

    BalasHapus
  43. Klo 17bata brpa m² ya?

    BalasHapus
  44. Kalo 5bata brpa meter ya pa trs bs dbikin rmh 2kmr 1kmr mandi dapur+ruang tamu'''tidak ya pa mohon informasinya pa??

    BalasHapus
  45. Mohon maaf, satu bata itu 14 m persegi atau 7 meter persegi ya ?

    BalasHapus
  46. Saya pun msh bingung dengan perhitungan bata!!!...
    17bata itu,,brp panjang dan brp lebarnya???....
    Mohon bantuanya dlm perhitungan bata ini...
    Mksh sblmnya...

    BalasHapus
  47. PENAWARAN PINJAMAN YANG MENDAFTAR Berlaku sekarang.


    Pencari Pinjaman yang Terhormat,


    Salam dari PERUSAHAAN PINJAMAN REBACCA.


    Kami adalah Pemberi Pinjaman pinjaman bersertifikat yang menawarkan pinjaman kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman. Kami memberikan pinjaman untuk proyek, bisnis, pajak, Hutang, tagihan, dan banyak alasan lainnya. Kami beroperasi dengan tingkat bunga 2%. Masih ada banyak keuntungan dengan mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini, jadi Apakah Anda memerlukan pinjaman? Apakah Anda berhutang? Apakah Anda ingin memulai bisnis dan membutuhkan modal? Apakah Anda memerlukan pinjaman atau dana untuk alasan apa pun? Bantuan Anda akhirnya ada di sini, karena kami memberikan pinjaman kepada semua orang dengan tingkat bunga yang lebih murah dan terjangkau hanya 2%, jika tertarik silakan hubungi kami hari ini di: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com) dan dapatkan pinjaman Anda hari ini.


    kami memberikan yang berikut;

    *Perbaikan rumah

    * Pinjaman Inventor

    * Kredit Mobil

    * Pinjaman Konsolidasi Utang

    * Jalur Kredit

    * Pinjaman Kedua

    * Pinjaman Bisnis

    *Pinjaman pribadi

    * Pinjaman Internasional.


    Kami bersertifikat, dapat dipercaya, dapat diandalkan, efisien, Cepat dan dinamis. Jika Anda tertarik, silakan hubungi kami melalui WhatsApp Number +14052595662


    Semoga berhasil,

    PERUSAHAAN PINJAMAN REBACCA.

    BalasHapus
  48. Kalau 8M×16M kira-kira berapa bata ?

    BalasHapus
  49. Maaf salah.
    Maksud saya, lebar 8 meter dan panjang 16 meter itu berapa bata ?

    BalasHapus
  50. Klo 250meter persegi brpa bata

    BalasHapus
  51. Om..mau tanya kalo satu bata itu kan 14 mter persegi.
    Maksud nya..panjang 7 meter .X.lebar 2 meter gitu om.

    BalasHapus
  52. 1 bata itu 3,75 m²
    3,75 × 3,75 = 14 meter.
    Kalou P/L nya tergantung kontruksi tanah.. Tidak harus persegi atau persegi panjang... Tanah tidak beraturan lekukannya pun bisa dihitung.

    BalasHapus
  53. 1 bata rata rata berapa juta.?

    BalasHapus
  54. Klo ukuran panjang 22 60 kanan / 22 70 kiri

    Lebar 12 80 depan / 12 90 belakang

    Kira2 berapa bata itu om ..?

    BalasHapus
  55. Halo semuanya!!!
    Saya menyambut Anda semua hingga tahun 2020. Nama saya ERLINA TUTY SARTIKA, Am dari Bandung di Indonesia. Saya harap Anda semua berhati-hati di internet. Saya akan menyarankan Anda untuk tidak mengajukan pinjaman di internet tanpa sepengetahuan dari perusahaan Pinjaman karena tidak semuanya nyata, kebanyakan dari mereka adalah penipuan, mereka akan meminta Anda untuk mengirim uang untuk pendaftaran, transfer, biaya asuransi dan masih Anda tidak akan mendapatkan pinjaman Anda, mereka semua adalah pencuri. Saya telah menjadi korban dalam 3 pemberi pinjaman berbeda di sini dan saya mengirim sejumlah besar uang karena saya benar-benar ingin mendapatkan pinjaman ini dan saya dipercaya sebagai yang pertama kali, tetapi saya tidak bisa mendapatkan pinjaman dari mereka. Anda harus sangat berhati-hati sehingga Anda tidak akan terkecoh seperti saya, jika Anda benar-benar ingin mendaftar di internet, hanya ada satu kreditor kredit yang sangat saya percayai karena setelah saya mencoba beberapa tempat dan saya tertipu, saya sangat kesakitan karena saya punya banyak hutang untuk dibayar, jadi teman saya di kantor membantu saya menemukan perusahaan pinjaman yang nyata dan sah dan kami menemukannya pemberi pinjaman baru REBECCA ALMA LOAN COMPANY, dan kami melakukan dokumentasi yang diperlukan dengan perusahaan, jadi teman saya membantu saya untuk mengikuti semua peraturan dan peraturan hanya untuk memastikan mereka nyata dan bagi Tuhan untuk kemuliaan saya mendapat pinjaman dari sebuah perusahaan sekitar 720 juta Rupiah. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda harus menghubungi Bunda REBECCA ALMA dan mengikuti aturan dan ketentuan atau syarat dan ketentuan dan saya jamin bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau kesulitan. dapatkan pinjaman saya hanya dengan tingkat bunga 2%. Anda dapat menghubungi ibu yang baik melalui alamat email ini: rebaccaalmaloancompany@gmail.com. Anda juga dapat WhatsApp ibu Rebecca Alma di nomor ini: +1405259662

    Silakan Anda masih dapat menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut. Saya akan menjelaskan irlinatutysartika15@gmail.com

    Semoga Allah senantiasa menyertai Anda semua. Semoga yang terbaik bagi Anda

    BalasHapus
  56. Kalo mau bikin bangunan 5x12 meter. Itu kalo ke hitungan bata jadi berapa bata ya ? Terimakasih banyak

    BalasHapus
  57. 15 bata itu lebar berapa,panjang brp lurr

    BalasHapus
  58. Kali bata sama gombal German mana sih

    BalasHapus
  59. Maaf kalau 391m2.itu kalau di uk bata .berapa bata.. Y. Trimakasih.

    BalasHapus
  60. Pantas saja ada selisih. 1 bata itu bukan 14m2 tp 13,75m2

    BalasHapus
  61. Ini pertanyaannya sekian bata berapa meter dan sebaliknya. Padahal sudah disebutkan ber ulang kali bahwa 1 bata = ±3,76m dan di kuadrat 2. Nah hape android itu kan ada kalkulatornya 🙏

    BalasHapus
  62. Mau nnya donk.kalo 80 bata itu berapa meter ya?? Kira2 kalo dijadiin rumah bisa jd brapa rumah?

    BalasHapus
  63. Saya punya tanah 19×22 mtr..kl d hitung k bata jd brp bata?..

    BalasHapus
  64. 444m2 tuh berapa bata suhu..trimkasih

    BalasHapus
  65. 6x6 meter, kalau di hitung ke bata jadi berapa bata?

    BalasHapus
  66. Mf dn tolong adakah yg tau satuan tanahthun 74,28desiare/dc itu brpa yaa,

    BalasHapus
  67. Kalu 90 bata itu berapa m2??

    BalasHapus
  68. Saya punya bidang tanah seluas 154m2 kala hitungan bata jadi berapa bata ya?

    BalasHapus
  69. Halo, nama saya Aisha Nayla, mangsa penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya rugi sekitar Rp300.000.000 karena saya butuh modal besar Rp300.000.000.000 juta. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam prosesnya saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan dengan kejadian ini lagi. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ibu Christabel Missan World Loan Investment Company, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman Rp500.000.000.000.

    Baik ibu, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik Christabel Missan dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan nasehat kepada sesama orang Indonesia, bahwa banyak penipu di internal, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman perdamaian dan keamanan dan siapa pun yang membutuhkan pinjaman mendesak harus segera menghubungi Christabel Missan melalui email christabelloancompany @ gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya email: aishanaylad@gmail.com.
    Nomor whatsApp saya +6283867549567
    Anda juga dapat menghubungi ibu yang baik Christabel
    nomor whatsApp +15614916019

    Dan Anda masih bisa menghubungi teman saya yang memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman ibu yang baik Lady Liliyana email: liliyanabasuki@gmail.com
    terima kasih allah bagus.

    BalasHapus
  70. Kak kalo 22bata = lebar dan panjangnya kira kira berapa...?

    BalasHapus
  71. Terus kalau +-0,157m2 berapa meter kah???

    BalasHapus
  72. Kalau 6 bata itu berapa meter lebarnya juga panjangnya makasih

    BalasHapus
  73. Numpang tanya ?
    30 bata berapa meter

    BalasHapus
  74. Kalo 200 bata berapa meter persegi mohon jawaban nya

    BalasHapus
  75. Kalau 9 bata,,berpa panjang dan berapa lebar?

    BalasHapus
  76. Pa klo 7 bata sm dngn brp meter luas tnh pa.

    BalasHapus
  77. 150 bata itu berapa meter ya...

    BalasHapus
  78. Klu dua bata itu brp meter ya

    BalasHapus
  79. Maaf pak klo 12 bata Berapa meter Yah, trima kasih

    BalasHapus
  80. 11 meter berapa bata ya pak

    BalasHapus
  81. 150 meter berapa bata pak?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  82. Kalau 13 bata itu berapa meter

    BalasHapus
  83. Trimaksih pak atas keterangan^^ nya - ilmu lama tapi harus dipelajari karna masih kepakai juga di kampung

    BalasHapus
  84. Mau tanya nih.
    Saya mau beli tanah panjang 7meter dan lebar 10meter itu jd brp bata ya.masih bingung cara hitung nya.tolong bantu .trims

    BalasHapus